'GAYUS' DILARANG NGE-BLOG

Minggu, 07 November 2010

'GAYUS' DILARANG NGE-BLOG


Sebenarnya saya sedikit ogah untuk memposting tulisan bertajuk ‘GAYUS’ DILARANG NGE-BLOG ini. Bukannya khawatir diciduk atau di interogasi pihak berwajib atau penyidik kepolisian atau KPK. Tapi karena penasaran dengan ulah dan tingkah beliau (baca : ‘Gayus’) dan sensasi yang beliau hadirkan di media cetak maupun elektronik. Tengoklah di detik[dot]com , namanya selalu menghiasi halam awal . Jadi kalau saya dibilang ‘mendompleng’ ketenaran beliau mungkin ada benarnya juga.

Namun bukan itu sebenarnya yang ingin diangkat dari tulisan ringan ini. Manipulasi, adalah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan keahlian yang dimiliki ‘Gayus’. Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskannya bahwa kata manipulasi sebagai “1. Tindakan untuk mengerjakan sesuatu dengan tangan atau alat-alat mekanis secara terampil; 2. Upaya kelompok atau perseorangan untuk memengaruhi perilaku, sikap, dan pendapat orang lain tanpa orang itu menyadarinya; 3. Penggelapan atau penyelewengan.“

Mari kita berandai-andai dan sedikit berkhayal tentunya. Andaikan saja seorang ‘Gayus’ nge-blog dan membuat sebuah forum diskusi. Entah topik apa yang mau diangkat untuk di diskusikan itu terserah sang ‘Gayus’. Akan banyak manipulasi-manipulasi yang dihadirkan. Bisa berupa manipulasi script CSS, manipulasi script HTML atau manipulasi script XML dan lain sebagainya. Lantas apa hubungannya antara ‘GAYUS’ DILARANG NGE-BLOG dengan script yang beraneka jenis tadi ?. Pertanyaan yang cerdas (bila anda bertanya demikian).

Manipulasi terkadang diperlukan dalam sebuah pemrograman berbasis ICT ( information Communication Technology ) untuk semua platform dari OS tertentu. Gunanya untuk ‘melindungi informasi data’ dari tangan-tangan jahil yang tidak berkepentingan. Disinilah pentingnya sebuah manipulasi dari sudut pandang positifnya.
Lantas apa hubungannya antara ‘GAYUS’ DILARANG NGE-BLOG dengan perlu tidaknya sebuah manipulasi pada sebuah script ?
Bayangkan akun bank anda tidak memiliki PIN dan PASSWORD maka uang yang ada di rekening bank anda akan dengan mudah disikat dan dikuras se-enaknya oleh tangan-tangan jahil. Tabungan anda yang bertahun-tahun akan lenyap dalam seketika. Itulah pentingnya sebuah manipulasi dalam script.

Dan hubungannya ‘GAYUS’ DILARANG NGE-BLOG dengan sebuah script manipulasi sebenarnya hanya sebagai khiasan belaka, betapa dunia internet yang kita gunakan sekarang ini penuh dengan sejumlah manipulasi-manipulasi yang perlu dicermati secara arif dan bijaksana. Data mana yang perlu dimanipulasi dan mana yang tidak. Khususnya bagi pengguna jejaring sosial ( social network ) semisal facebook dan twitter sehingga tujuan ber-internet yang sehat bisa bikin hebat benar-benar dapat menjadi kenyataan bagi setiap keluarga Indonesia. Semoga.