IdeKU untuk PLN : Aplikasi Android “PLN-izzi”

Rabu, 08 Oktober 2014

IdeKU untuk PLN : Aplikasi Android “PLN-izzi”


Aplikasi berbasis android berlabel PLN-izzi merupakan sebuah interface berbasis mobile dengan menjadikan gadget/smartphone sebagai perantara/interface antara pengguna atau nasabah PLN dengan PLN sebagai penyelenggara dengan bekerjasama dengan operator local sebagai penyedia jaringan/ akses internet. Maksud dan tujuan dari aplikasi PLN-izzi adalah memberikan sejumlah kemudahan kepada konsumen PLN dalam berbagai hal.
Misalnya :

  1. Pengaduan gangguan layanan listrik
  2. Pembayaran dan denda
  3. Penambahan jaringan listrik
  4. Panduan hal-hal penting kelistrikan
  5. Pemberitahuan dan Public Information.
  6. Hal lain yang dianggap perlu.


PLN-izzi bekerja pada plat form android, mengingat OS ini sudah sangat familiar dikalangan pengguna smartphone tanah air dan sifatnya yang terbuka. Kerjasama yang baik, solid dan terintegrasi dalam satu system jaringan operator local akan memberikan nilai tambah lebih bagi operator local dan PLN.
Berikut adalah beberapa fitur yang ada pada aplikasi PLN-izzi :

ID PENGGUNA
ID pengguna pada aplikasi PLN-izzi meliputi antara lain :

  1. Nama Lengkap
  2. Nomer HP
  3. Alamat Domisili
  4. ID Card/e-KTP
  5. E-mail
  6. No. ID Pelanggan
  7. No. ID Meter 


PEMBAYARAN
Pelanggan dapat memilih beberapa metoda/ system pembayaran yang dianggap paling mudah bagi pelanggan. Dalam Aplikasi PLN-izzi ada beberapa system pembayaran yang dapat digunakan, antara lain :

  1. E-Money : Sistem pembayaran yang langsung di debet dari akun e-money pelanggan yang bekerjasama dengan operator penyelenggara.
  2. SMS Banking : Sistem pembayaran yang langsung di debet dari rekening pelanggan yang bekerjasama dengan layanan per-bankan yang memiliki fitur SMS banking.
  3. Token System : Sistem pembayaran dengan menggunakan token yang dapat dibeli di beberapa mini market atau agen yang ditunjuk.
  4. Transfer via ATM : Sistem pembayaran transfer via ATM


INFORMASI AKUN/PELANGGAN
Fitur ini berisikan berbagai hal yang berhubungan dengan pelanggan.Berisikan berbagai informasi yang diperlukan dan di ketahui oleh pelanggan. Misalnya :

  1. Riwayat penggunaan listrik dan besarnya tagihan.
  2. Informasi tagihan beberapa bulan terakhir.
  3. Informasi ada atau tidaknya kenaikan tarif listrik
  4. Informasi cara menghitung dan mengetahui tarif dasar listrik.
  5. Informasi lain yang dianggap perlu.


GANTI PELANGGAN
Fitur ini berfungsi apabila pelanggan ingin berpindah tempat tinggal atau rumah kontrakan. Dengan demikian pelanggan harus melakukan pembayaran/pelunasan tagihan terlebih dahulu sebelum melakukan Re-Sign/mematikan kepemilikan dari No. ID Pelanggan dan No.ID Meter. Sehingga pelanggan yang bersangkutan terbebas dari tagihan listrik bulan berikutnya.

FITUR KEAMANAN PLN-IZZI
PLN-izzi dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan bagi pengguna/pelanggan. Fitur ini berfungsi untuk melindungi sejumlah informasi pribadi pengguna/pelanggan yang ada dalam aplikasi ini. Fitur keamanan tersebut muncul ketika :

  • Proses Login ke aplikasi : Sistem akan meminta 6 digit nomer acak yang dikirim oleh server ke nomer pengguna/pelanggan yang terdaftar.
  • Proses Pembayaran : Sistem akan meminta verification code yang berupa kombinasi angka dan huruf yang dikirim ke nomer pengguna/pelanggan yang terdaftar.
  • Login dari perangkat smartphone/PC atau tablet melalui jaringan WiFi : Sistem akan mengenali jenis perangkat yang digunakan dan menyimpan sejumlah informasi langsung ke data-base lalu memberikan konfirmasi/informasi ke nomer HP pengguna/pelanggan dan meminta validasi dari nomer HP pengguna/pelanggan. Fitur ini akan melindungi pelanggan/pengguna ketika digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Sistem keamanan lain yang dianggap perlu.

INFORMASI UMUM
Fitur informasi umum berisikan sejumlah informasi sebagai berikut :

  1. Jadwal pemadaman listrik bergilir.
  2. Informasi gangguan listrik
  3. Tanggap Darurat
  4. Informasi lain yang berguna bagi pelanggan.

Demikian sedikit ideKU untuk PLN yang bisa saya berikan. Semoga ide kecil ini bisa memberikan nilai tambah bagi PLN dalam rangka meningkatkan pelayanan penerangan dan kemudahan bagi pengguna/pelanggan dalam proses pembayaran, pengaduan dan transparansi dalam meningkatkan profesionalisme kerja untuk Indonesia yang lebih baik. Terimakasih kepada BLOGDetik yang sudah menjadi mintra peyelenggara event ini.